Cara Alami dan Mudah Merawat Rambut Anda

Cara Merawat Rambut - Cara Alami dan Mudah Merawat Rambut Anda

Pasti Anda sudah familiar dengan ungkapan bahwa rambut adalah mahkota wanita. Untuk menunjang keindahan rambutnya, para wanita biasanya melakukan berbagai macam perawatan di salon. Sayangnya, penggunaan bahan-bahan yang mengandung zat kimia serta alat-alat perawatan rambut bisa membuat rambut mudah rapuh. Nah, menggunakan bahan-bahan tradisional juga terbukti tidak kalah berkhasiatnya. Yuk, intip beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut secara alami.

1. Mencampurkan Madu dan Perasan Lemon
Cara satu ini cocok bagi Anda yang ingin mengatasi rambut kering. Cukup mudah merawat rambut menggunakan madu dan perasan lemon. Peras air lemon, lalu campurkan dua sendok air lemon dengan satu sendok madu. Oleskan secara perlahan ke bagian rambut sampai ke akar. Diamkan selama 20 menit dan setelah itu bilas dengan shampoo hingga bersih.

2. Jus Daun Seledri
Bukan hanya rasa segarnya yang menyehatkan badan, namun jus daun seledri juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk merawat rambut. Kandungan zinc, protein, dan vitamin A dalam jus ini dapat membantu menghitamkan, meluruskan dan menyuburkan rambut. Apakah kulit kepala Anda berketombe? Jika iya, Anda bisa memanfaatkan jus daun seledri ini untuk kembali menyehatkan rambut dan kulit kepala, sehingga membuat Anda tampil lebih percaya diri.
Cara membuatnya pun mudah! Bersihkan 7-10 batang dan daun seledri, lalu blender semuanya. Anda bisa menggunakan wadah berupa botol untuk menyimpan jus tersebut dalam kulkas semalaman. Gunakan di pagi hari dengan mengoleskannya secara merata pada rambut Anda. Kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan dua kali dalam seminggu.

3. Minyak Zaitun
Bukan hal yang baru lagi jika minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan, bahkan sejak zaman Romawi kuno. Diolah dari hasil penggilingan buah pohon zaitun, minyak yang sering digunakan oleh masyarakat Mediterania ini mampu meningkatkan kandungan lemak baik, serta mengandung banyak vitamin E, vitamin K. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, menggunakan minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara untuk merawat rambut. Beberapa masalah seperti rambut mengembang, rontok, kasar, berketombe, dan bercabang dapat diatasi dengan olesan minyak zaitun.
Bagi Anda yang memiliki rambut kering, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, pijat secara lembut, lalu tutup kepala dengan handuk bersih selama 20 menit. Kemudian cuci rambut hingga bersih. Sedangkan untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan secara merata pada kulit rambut dengan cara dipijat perlahan selama 15 menit. Bungkus rambut dengan handuk bersih, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih

4. Lidah Buaya dan Alpukat
Merawat rambut dengan cara alami tentu menjadi sebuah pilihan baik agar terhindar dari efek samping jika menggunakan obat kimia. Lidah buaya dan alpukat sama-sama memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Jika dikombinasikan, maka keduanya dapat menjadi masker yang melembabkan rdan mengeringkan rambut kering. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan di rumah. Siapkan lidah buaya serta potongan alpukat. Kemudian campurkan daging lidah buaya dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan masker rambut tersebut secara merata ke seluruh bagian rambut. Siapkan handuk basah hangat dan tutup bagian rambut selama 30 menit. Terakhir, bilas rambut Anda dengan air dingin hingga bersih secara keseluruhan.

5. Manfaatkan Cuka Apel
Apakah Anda sudah pernah merawat rambut menggunakan cuka apel? Banyak beauty vlogger dan blogger yang memperkenalkan cuka apel sebagai cara untuk merawat rambut. Manfaat cuka apel bagi rambut yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah untuk mengatasi rambut rontok, ketombe, membuat rambut berkilau, dan membuat rambut menjadi lebih halus.
Yuk, siapkan beberapa bahan ini terlebih dahulu. Gunakan bahan cuka apel, air, lavender dan rosemary essential oil. Campur secara merata, lalu oleskan pada rambut dengan dipijat perlahan selama lima menit. Lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Cara lain yang dapat Anda lakukan, yaitu campurkan dua sendok cuka apel dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes aroma terapi, kemudian aplikasikan pada rambut Anda dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan shampoo hingga bersih.

Demikian artikel cara merawat rambut mengenai Cara Alami dan Mudah Merawat Rambut Anda, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-well/5-tips-mudah-merawat-rambut-secara-alami.page